Friday, September 28, 2012

Greek Myth

Greek Myths very much influences many aspects of western society. Those influences range from literature to science and technology.
There are  gods and goddesses in Greek Myth that are very popular for the Greek and frequently discussed up to now.

Please discuss and describe one god or goddess and put it to comment menu. Do not forget to state your identity. Thank you.

43 comments:

  1. Artemis (bahasa Yunani: Ἄρτεμις) dalam mitologi Yunani adalah dewi perburuan, alam liar, hewan liar, perawan, dan perbukitan. Dia adalah pembawa dan penghalau penyakit pada perempuan serta merupakan Dewi yang menolong dalam proses kelahiran. Dia merupakan putri dari Zeus dan Leto, serta saudari kembar Apollo. Dia digambarkan sebagai pemburu dan membawa busur dan anak panah.[1] Rusa dan pohon siprus dikeramatkan baginya.[1] Menurut beberapa pendapat, Artemis berasal dari masa pra-Yunani.
    Sebagai Aeginaea (bahasa Yunani: αιγανέα), Artemis disembah di Sparta; nama tersebut bermakna pemburu dari khamois, atau pemegang tombak.[25][26] Dia disembah di Naupaktus sebagai Aitole; di kota tersebut terdapat kuil yang di dalamnya ada patung Artemis dalam posisi melempar tombak.[27] "Artemis Aetolia" ini diperkenalkan di Naupaktus oleh Philip II dari Makedonia. Strabo menceritakan adanya "Artemis Aetolia" yang lain di daerah Laut Adriatik.[28] Sebagai Agoraea dia adalah pelindung agora. Sebagai Agrotera, dia adalah pelindung para pemburu. Di Elis dia disembah sebagai Alfea. Di Athena Artemis sering dihubungkan dengan dewi Afea. Sebagai Potnia Theron (Homer menggunakan julukan ini) dia adalah pelindung hewan liar. Sebagai Kourotrofos, dia adalah perawat kaum muda. Sebagai Lokhia, dia adalah dewi kelahiran dan persalinan. Artemis kadang-kadang disebut sebagai Kinthia, diambil dari tempat kelahirannya di Gunung Kinthus di Delos, atau Amarinthia, diambil dari nama festival untuknya yang digelar di Amarinthos di Euboea. Artemis juga kadang-kadang disebut sebagai Foibe, bentuk feminin dari julukan saudaranya Apollo, Foebos. Sebutan lain untuknya yang terkenal adalah Agrotera (pemburu) dan Soteira (penyelamat) yang diberikan oleh rakyat Arkadia untuk menghormatinya sebagai dewi pelindng kota tersebut. Julukan Parthenos Iokheira yang berarti Perawan Pembawa Panah diberikan karena ia adalah seorang perawan dan gemar berburu dengan panahnya. Elaphobolos adalah julukan untuk Artemis yang gemar berburu rusa.
    Kereta yang digunakan oleh Artemis aalah kereta emas yang ditarik oleh empat ekor kijang bertanduk emas. Busur dan Panah adalah atribut yang paling penting bagi dewi perburuan. Selain busur dan panah, Artemis juga memakai tombak untuk berburu dan berolahraga. Sementara Jala berhubungan dengan Artemis sebagai Dewi danau, mata air, dan memancing. Obor yang dibawa Artemis berhubungan dengan mitosnya sebagai Hekate, dewi kegelapan, penyihir, dan dunia bawah. Artemis disebut sebagai dewi musik dan tarian perawan hingga ia seing telihat memegang lira.Orion adalah teman dekat Artemis. Hyginus, Ovid, dan Hesiod membuat versi dimana yang membunuh Orion adalah Gaia, Sang Ibu Bumi. Hippolitos adalah seorang pengendali kuda yang handal, anak dari Raja Theseus yang tampan dan sangat memuja Artemis. Kallisto adalah putri raja Likaon dari Arkadia. Dia merupakan salah seorang pengawal Artemis dalam berburu. Artemis menyelamatkan bayi perempuan bernama Atalanta setelah ayahnya membuangnya begitu saja.

    ASTRI YANTI
    A 320100094

    ReplyDelete
  2. Hephaestus
    Hephaestus adalahanakdaridewa Zeus danHera,Hephaestusdilahirkandalamkondisi yang buruk/ tdksempurnasecarafisik. Untukmenebuskecekmasan orang tuanya, diamenebusnyamelewatipekerjaanyasebagaidewaapidandewapandaibesi. Denganbantuantemanyaygbernama Cyclops di tempatdiabekerjadibawahgunungberapiaetna, Hephaestus menempabajupelindung Achilles, pedangjenis scepter milik Agamemnon, danbajupelindung Aeneas. Meskipun Hephaestus tidakpernahterlibatpadakonflikybmematikan, tapisenjatadanpotonganbajupelindungnyamemilikikekuatanygmampuuntukmembantupeperangan.Padaakhirnya Hephaestus menikahdengan Aphrodite,,seseorangygseringkalitidakmempercayainyabersama Ares danlainya.
    NAMA :DanangSetyoUtomo (A320090208)
    IbnuRosyidEfendi (A320100013)
    Budianto (A320100123)

    ReplyDelete
  3. Dionysus
    Dionysus adalah putra Zeus dan Semele.ketika itu ada seorang ratu dari Thebes, yang bernama putri Semele. Zeus yang saat itu adalah seorang dewa, telah jatuh cinta kepada ratu Semele. semele meraa senang, telah dicintai oleh seorang dewa, walaupun ia (zeus) tidak dapat dilihat. Hera cemburu karena suaminya (zeus) telah jatuh cinta kepada Semele. Hera membujuki semele dengan menyamar dan menggoyahkan hati semele dengan bercerita, jika zeus benar benar mencintai semele, seharusnya dia (zeus) menampakkan wujud aslinya. Zeus memenuhi permintaan semele, untuk menampakkan wujud aslinya, walaupun zeus tahu, bahwa akan terjadi hal buruk.
    ketika zeus menampakkan wujud aslinya, tiba tiba petir menyambar dan membakar semele serta bayinya (Dionyus) yg sedang dikandungnya. Zeus mencoba menyelamatkan Dionyus dengan menanamnya/melindunginya didalam paha, sampai akhirnya lahir sebagai Dewa Dionysus. kelahiran dewa Dionysus yg disebut dengan dewa anggur ini diadakan perayaan yang bertujuan untuk mencari ibunya di seluruh pelosok negri dan mengirim ibunya ke Olympus, untuk selamanya. pada zaman yunani kuno, Dionysus adalah object dari sesembahan keagamaan. khususnya dikalangan kultus wanita yang disebut oleh Maenads. perayaan Dionysus yang mereka adakan, termasuk meminum alkohol, berputar putar dengan obor/ thyrs (staff yang dibungkus dengan anggur atou daun) dan kadang-kadang pemotongan hewan atau bahkan anak-anak manusia

    CINTHYA AGUSTIN KURNIA (A320100003)
    EFIYANTI P.

    ReplyDelete
  4. EROS (God of Love)
    Eros (bahasa Yunani: Ἔρως), dalam mitologi Yunani, adalah dewa cinta dan nafsu seksual. Dia juga disembah sebagai dewi kesuburan. Eros juga merupakan sebuah kata dalam bahasa Yunani yang berarti cinta berdasarkan hawa nafsu saja. Kata turunannya adalah erotis. Dalam mitologi Yunani, Eros diceritakan sebagai anak dari Afrodit, dewi kecantikan (mitologi Romawi: Venus). Eros disebut juga Kupido atau Amor dan dilambangkan dengan anak kecil bersayap yang selalu membawa busur dan anak panah. Ada sebuah cerita yang mengatakan Eros bahkan memiliki hubungan antar pria dan wanita dengan ibunya sendiri. Eros membantu manusia maupun dewa dalam urusan percintaan. Anak panahnya tidak akan meleset, hati yang tertembus olehnya akan dipenuhi oleh cinta.

    Ardi Eksanusi (A320110053)
    Cahya Prasetya (A320110123)

    ReplyDelete
  5. Hades
    Dari Wikipedia
    Hades (bahasa Yunani: ᾍδης, Hadēs, atau Ἅιδης, Háidēs) adalah dewa dunia bawah dalam Mitologi Yunani. Hades merupakan putra tertua dari Kronos dan Rea. Dia bersama saudara-saudaranya mengalahkan para Titan dan mengambil alih kekuasaan atas dunia. Zeus, Poseidon dan Hades melakukan undian untuk menentukan tempat kekuasaan dan Hades mendapat dunia bawah.[1] Karena asosiasinya dengan dunia bawah, Hades sering dianggap sebagai dewa kematian meskipun bukan. Hades juga kadang-kadang disebut sebagai dunia bawah itu sendiri.
    Dalam mitologi Romawi Hades disebut sebagai Pluto, Dis Pater dan Orkus sedangkan dalam mitologi Etruska dewa padanannya adalah Aita. Simbol yang diasosiasikan dengan Hades yaitu Helm Kegelapan dan anjing berkepala tiga, Kerberos.
    Istilah Hades dalam kekristenan (dan dalam Bahasa Yunani Koine) serupa dengan sheol dalam ajaran Yahudi (שאול, kuburan atau lubang di bumi), dan merujuk pada tempat untuk roh manusia. Sementara konsep neraka dalam agama Kristen lebih mirip dengan konsep Tartaros dalam mitologi Yunani, bagian dari Hades yang suram dan mengerikan dan digunakan sebagai tempat penyiksaaan dan penderitaan.

    Dunia Hades
    Dalam mitologi Yunani yang sangat kuno, dunia Hades adalah tempat tinggal roh orang mati yang suram dan berkabut (disebut juga Erebos).[2] Pada periode selanjutnya, mitos ini berkembang dengan adanya penghakiman terhadap para roh dan adanya imbalan dan hukuman. Beberapa manusia (termasuk Herakles), boleh langsung meninggalkan tempat ini begitu mereka masuk.
    Dunia ini terbagi menjadi beberapa bagian, termasuk Elisium, Padang Asphodel, dan Tartaros. Ada juga Pulau Keberkahan, tempat para manusia pilihan.
    Dalam mitologi Romawi, pintu masuk ke dunia bawah terletak di Avernus, sebuah kawah di dekat Cumae, dan merupakan rute yang digunakan oleh Aineias untuk pergi ke dunia bawah.[3]
    Roh manusia masuk ke dunia bawah dengan menyeberangi sungai Akheron menaiki perahu yang didayung oleh Kharon. Kharon meminta bayaran berupa sekeping obolos, koin kecil yang disimpan di mulut jenazah oleh keluarga atau kerabat. Roh-roh yang tidak memiliki koin tersebut tidak bisa menyeberang dan harus berdiam selama ratusan tahun di tepi sungai, mereka bahkan kadang-kadang kembali ke dunia manusia untuk menghantui orang-orang yang seharusnya memberi mereka penguburan yang layak. Orang-orang Yunani bisanya memberikan persembahan pada dewa agar mereka terhindar dari roh-roh semacam itu.[3] Di seberang sungai Akheron ada anjing berkepala tiga, Kerberos, yang menjaga pintu dunia bawah. Kerberos akan membiarkan orang masuk tetapi tidak akan mengizinkan ada yang keluar. Kerberos pernah dikalahkan oleh Herakles. Setelah melewati Kerberos, roh manusia kemudian memasuki tempat penghakiman.
    Ada lima sungai di dunia bawah yaitu Akheron (sungai kesedihan), Kokitos (sungai ratapan), Flegethon (sungai api), Lethe (sungai kelalaian), dan Stix (sungai kebencian).[4] Sungai Stix adalah sungai yang sangat keramat, sumpah yang diambil di sungai ini tak bisa dilanggar. Tubuhn Akhilles direndam di sungai ini untuk membuatnya kebal. Sungai Stix adalah sungai yang membatasi dunia bawah dan dunia atas.
    Ada dua kolam di dunia bawah, kolam Lethe, tempat roh manusia dikumpulkan dan dihapus ingatannya, dan kolam Mnemosine, tempat para roh memperoleh ingatan mereka kembali. Di halaman depan istana Hades ada tempat bagi tiga hakim dunia bawah, Minos, Rhadamanthus, dan Aiakos. Dari sana ada tiga jalan yang berujung pada tempat yang berbeda. Para roh akan diadili oleh para hakim dan dikirm ke jalan yang sesuai bagi mereka. Roh orang yang tak pernah berbuat jahat akan pergi ke Padang Asphodel, roh orang jahat akan dikirm ke Tartaros, dan roh para pahlawan akan pergi ke Elisium.

    Wahyu Azmi L Putra A320100103
    Ayu Wulandari A320100104
    Hanum Fajrina A320100115

    ReplyDelete
  6. Athena yang juga disebut Pallas Athena dalam mitologi yunani adalah dewi kebijaksanaan, strategi, dan perang.Athena adalah seorang dewi yang terlahir sebagai seorang perempuan dewasa dan tidak pernah digambarkan sebagai seorang anak kecil.athena adalah putri kesayangan Zeus, ibunya adalah dewi Metis. Athena merupakan pelindung para penenun dan para perajin.Senjata-senjata besi juga masuk dalam perlindungannya.Selain itu dia juga memimpin pertempuran.Dalam perang, Athena berperan sebagai sisi strategi dan disiplin. Julukan lain Athena adalah Tritogeneia(juga Trito, Tritonis, Tritoneia, Tritogenes) makna dari istilah ini tidak jelas. Athena tidak pernah punya pasangan sehingga sering dijuluki sebagai Athena Parthenos (Athena perawan). Menurut ramalan, apabila Zeus memiliki anak dengan Metis maka anak tersebu akan lebih kuat dan pandai dari Zeus sehingga mampu menggulingkan Zeus dari tahta. Pada saat Metis mengandung Athena, Zeus menelan metis untuk mencegah kelahiran anaknya.Hal ini yang menyebabkan Zeus menderita sakit kepala hebat dan memerintahkan Hermes untuk membelah kepala Zeus dengan kapak perunggu buatan Hefaistus ntuk menghilangkanrasa sakitnya.Lalu lahirlah Athena melalui kepala Zes dalam keadaan berbaju perang lengkap dengan pelindung kepala.Desebutkan pula bahwa sakit kepala Zeus disebabkan oleh Metis yang membuat baju perang dan pelindung kepala untuk anaknya didalam tubuh Zeus.

    ANDRY YUANA NASRI A320100019
    MIFTA PAMUNGKAS A320100006

    ReplyDelete
  7. INI PAK YG BENAR

    Athena yang juga disebut Pallas Athena dalam mitologi yunani adalah dewi kebijaksanaan, strategi, dan perang.Athena adalah seorang dewi yang terlahir sebagai seorang perempuan dewasa dan tidak pernah digambarkan sebagai seorang anak kecil.athena adalah putri kesayangan Zeus, ibunya adalah dewi Metis. Athena merupakan pelindung para penenun dan para perajin.Senjata-senjata besi juga masuk dalam perlindungannya.Selain itu dia juga memimpin pertempuran.Dalam perang, Athena berperan sebagai sisi strategi dan disiplin. Julukan lain Athena adalah Tritogeneia(juga Trito, Tritonis, Tritoneia, Tritogenes) makna dari istilah ini tidak jelas. Athena tidak pernah punya pasangan sehingga sering dijuluki sebagai Athena Parthenos (Athena perawan). Menurut ramalan, apabila Zeus memiliki anak dengan Metis maka anak tersebu akan lebih kuat dan pandai dari Zeus sehingga mampu menggulingkan Zeus dari tahta. Pada saat Metis mengandung Athena, Zeus menelan metis untuk mencegah kelahiran anaknya.Hal ini yang menyebabkan Zeus menderita sakit kepala hebat dan memerintahkan Hermes untuk membelah kepala Zeus dengan kapak perunggu buatan Hefaistus ntuk menghilangkanrasa sakitnya.Lalu lahirlah Athena melalui kepala Zes dalam keadaan berbaju perang lengkap dengan pelindung kepala.Desebutkan pula bahwa sakit kepala Zeus disebabkan oleh Metis yang membuat baju perang dan pelindung kepala untuk anaknya didalam tubuh Zeus.

    ANDRY YUANA NASRI A320100019
    HANDOKO A320100026

    ReplyDelete
  8. ZEUS
    Zeus adalah dewa yang mengatur surga dan semua dewa di gunung Olympus. Ia dikenal sebagai ayah dari dewa dan manusia. Zeus adalah anak dari Cronus, ketika dia lahir ibunya menyelamatkannya dari ayahnya yang akan memakan zeus karena Cronus merasa khawatir Zeus akan menjatuhkan tahtanya. Cronus menelan semua anak-anaknya baik laki-laki maupun perempuan yang lahir. Rhea, ibu Zeus mengakali Cronus dengan memberikan batu yang dibungkus dengan kain gedong ditempat bayi Zeus. Ketika Zeus tumbuh, dia kembali ke Crete untuk menyelamatkan saudara kandung yang ditelan oleh ayahnya. Kronus memperoleh beberapa anak dari istrinya, Rhea, yaitu Hestia, Demeter, Hera, Hades, dan Poseidon. Tetapi Kronus menelan semua anak-anaknya begitu mereka lahir karena Kronus takut pada ramalan bahwa kekuasaannya akan digulingkan oleh keturunannya seperti dia merebut kekuasaan dari ayahnya (Uranus). Zeus berhasil membuat Cronus memuntahkan saudara-saudaranya. Zeus lalu membebaskan para Gigant, Hekathonkires dan Siklop dari Tartarus setelah membunuh , penjaga Tartarus. Para Siklop pun membuatkan petir untuk Zeus. Bersama saudara dan sekutunya, Zeus memerangi para Titan dalam Titanomhakia. Para Titan yang kalah lalu dikurung di Tartarus sementara Atlas diharuskan memikul langit di pundaknya. Zeus menikahi Hera yang tidak lain adalah adik kandungnya sendiri. Dari Hera, Zeus menjadi ayah dari Ares, Hebe, Hefestus, Ilithyia, dan Eris.

    Desi Purnomosari A320100042
    Shinta Wilda Tamasari A320100049
    Pria Adi Byantara A320100067

    ReplyDelete
  9. DEMETER
    Demeter merupakan dewi pertanian dan kesuburan yang mengendalikan panen, kesuburan tanah, musim dan gandum, dia pula yang mengajari manusia bercocok tanam sehingga manusia meninggalkan cara hidup berburu dan meramunya menjadi bercocok tanam. Demeter biasanya digambarkan mengendarai kereta perang, dan sering diasosiakan dengan unsur-unsur pertanian, termasuk buah, bunga, dan bulir gandum. Demeter biasanya tidak digambarkan bersama pasangan pria. Ada sebuah patung hitam Demeter yang dibuat oleh Onatas Rambut Demeter melambangkan bulir-bulir gandum yang merupakan simbolnya. Demeter memiliki seorang anak dari zeus bernama Persefone yang menjadi istri dari Hades. Konon, kisah Persefone ini merupakan asal mula timbulnya empat musim. Saat Persefone tinggal bersama Hades, Demeter bersedih dan bumi mengalami musim dingin. Sementara ketika Persefone tinggal bersama Demeter, Demeter berbahagia dan saat itulah terjadi musim semi. Pusat pemujaannya adalah di Eleusis terutama oleh kelompok rahasia Misteri Eleusis. Dalam Himne Homer untuk Demeter, bertahun sekitar abad ke-7 SM, Demeter disebut sebagai "pembawa musim", yang menunjukkan bahwa dia disembah jauh sebelum dia menjadi salah seorang dewa Olimpus. Demeter dan putrinya Persefone adalah figur utama dalam Misteri Eleusis yang juga muncul lebih awal daripada cerita Dewa Olimpus.
    Mitos utama tentang Demeter adalah hubungannya dengan Persefone, putrinya. Dalam mitologi Yunani, Persefone adalah pasangan Hades (mitologi Romawi: Pluto), dewa dunia bawah. Persefone menjadi ratu dunia bawah setelah Hades menculiknya dari bumi dan membawanya ke dunia bawah. Persefone sedang memetik bunga ketika sebuah lubang mucul di dekatnya dan Hades keluar dari sana dengan mengendarai kereta perangnya lalu membawa Persefone ke kerajaannya. Demeter mencari Persefone selama sembilan hari tanpa henti. Dia akhirnya diberi tahu oleh Helios dan Hekate bahwa Hades menculik anaknya. Helios, sebagai dewa matahari, melihat Persefone dibawa oleh Hades sedangkan Hekate melaporkan bahwa dia mendengar Persefone berteriak sedang diperkosa oleh Hades. Demeter pun berduka karena kehilangan putrinya. Akibat rasa duka Demeter, bumi mengalami musim yang buruk dan manusia menderita.
    Untuk menyelamatkan manusia, Zeus memaksa Hades mengembalikan Persefone pada ibunya. Hades setuju dan Persefone pun dijemput Hermes untuk dikembalikan pada ibunya. Tetapi Persefone ternyata telah memakan buah delima di dunia bawah sehingga kini dia terikat dengan Hades. Dalam jangka waktu beberapa bulan sekali, Persefone harus kembali ke dunia bawah. Hal inilah yang menyebabkan pergantian musim.

    Kukuh Iman Altesar A320040193
    Nurul Fuad Mulyadi A320050107

    ReplyDelete
  10. HESTIA
    Hestia adalah dewi perapian, dan keluarga. Hestia adalah anak tertua dari Kronos dan Rhea. Hestia menerima persembahan pertama dalam setiap ritual dalam rumah tangga. Tungku perapian merupakan tempat suci untuknya. Dia digambarkan sebagai perempuan sederhana yang berkerudung. Dia duduk di singgasana kayu polos dengan bantal wol putih. Orakel Delfi, awalnya merupakan tempat suci Hestia sebelum diambil alih oleh Apollo. Hestia dikenal sebagai Vesta, dewi yang juga melambangkan perapian. Hestia dihormati oleh dewa maupun manusia. Dia disembah di mana-mana, dikarenakan perapian ada di setiap rumah dan kuil.
    Orang-orang pada masa kuno, jika mengadakan jamuan makan, akan mempersembahkan dua penuangan anggur untuk Hestia. Penuangan pertama adalah untuk memulai jamuan dan yang satu lagi untuk menutup acara. Ketika akan melakukan makan bersama, keluarga akan melemparkan sedikit persembahkan ke perapian dan menyanyikan lagu untuk Hestia. Ketika seorang bayi telah diberi nama, bayi tersebut dibawa ke dekat perapian dan didoakan supaya mendapat berkah dari dewi Hestia.
    Hestia adalah salah seorang anak yang ditelan oleh ayahnya, Kronos. Ketika Kronos memuntahkan kembali semua anaknya akibat ramuan Zeus, Hestia adalah yang terakhir dikeluarkan. Dengan demikian dia adalah anak pertama (dari Rhea) sekaligus anak terakhir (dari Kronos).
    Setelah perang Titanomakhia, Hestia menyatakan pada saudara-saudaranya bahwa dia ingin selalu menjadi perawan. Hestia lalu bersumpah di atas kepala Zeus bahwa dia tidak akan terikat pernikahan dan tidak akan tersentuh hasrat cinta dan seksual.
    Menurut kaum Fasti, penyair Ovid menulis bahwa Hestia pernah hampir diperkosa oleh Priapos, putra Dionisos dan Afrodit. Suatu hari Hestia dan para dewa tertidur setelah makan bersama. Priapos mengendap-endap mendekati Hestia. Hestia terbangun dan melihat bahwa Priapos hampir menindihnya. Hestia menjerit sangat keras dan Priapos pun ketakutan.
    Bangsa Romawi mengenali Hestia sebagai dewi Vesta. Untuk orang Romawi, dia adalah dewi rumah tangga yang paling penting. Kuilnya terletak di Palatine di Roma, tempat para perawan Vesta melakukan pembakaran api suci untuknya.

    Dewi Kurniatun A320100017
    Sa`idah Miskatun A320100031

    ReplyDelete
  11. POSEIDON
    Dalam mitologi Yunani, Poseidon dikenal sebagai dewa penguasa laut, sungai, dan danau. Poseidon memiliki senjata berupa trisula yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi. Trisula tersebut dibuat oleh para Kiklops semasa Titanomakhia. Poseidon juga memiliki kendaraan yang ditarik oleh hippokampos (makhluk setengah kuda setengah ikan). Poseidon beristrikan Amfitrit dan memiliki anak bernama Triton. Posidon juga adalah dewa yang menciptakan kuda dalam upayanya merayu Demeter.

    Dewa laut Nethuns dalam mitologi Etruska diadopsi ke dalam mitologi Romawi sebagai Neptunus: keduanya merupakan dewa padanan bagi Poseidon. Poseidon sudah dipuja di Pylos dan Thebes sejak zaman perunggu Yunani sebagai saudara Zeus dan Hades. Ada sebuah Himne Homeros untuk Poseidon. Poseidon mempunyai banyak anak. Poseidon merupakan pelindung bagi banyak kota di Yunani, meskipun dia gagal mendapatkan Kota Athena. Binatang kesukaannya adalah kuda dan banteng. Pohon pinus dikeramatkan baginya.
    Nama Poseidon secara jelas berakar dari Yunani yaitu pósis "raja, suami" dengan unsur -don, kemungkinan dari dea, "dewi". Menurut lembaran tanah liat Linear B, nama PO-SE-DA-WO-NE ("Poseidon") muncul lebih sering daripada DI-U-JA ("Zeus"). Bentuk femininnya, PO-SE-DE-IA, juga ditemukan, menunjukkan adanya dewi lain yang menjadi pasangan Poseidon dan kemungkinan merupakan pendahulu Amfitrit. Lembaran tanah liat dari Pylos menceritakan persembahan benda-benda untuk "Poseidon dan Dua Ratu". Identifikasi paling jelas mengenai "Dua Ratu" adalah Demeter dan Persefon, atau para pendahulu mereka, dewi-dewi yang tidak dikaitkan dengan Poseidon pada periode-periode berikutnya.Di Knossos, Myceneae, Poseidon dikenal sebagai "Pengguncang Bumi" (E-NE-SI-DA-O-NE), sebuah kedudukan yang kuat mengingat gempa bumi adalah bencana alam yang menyebabkan keruntuhan Budaya Minoa. Sementara dalam budaya Myceneae yang sangat bergantung pada lautan, tidak ditemukan adanya hubungan antara Poseidon dan laut; Di antara dewa Olimpus, dewa yang berkuasa atas lautan ditentukan oleh undian, yang berarti dewa lebih dulu ada sebelum memperoleh suatu wilayah kekuasaan.
    Poseidon selalu digambarkan sebagai seorang pria yang perkasa, berjenggot dan membawa trisula.[8] Satu pukulan dari trisulanya bisa membelah bumi. Poseidon kadang-kadang digambarkan bertubuh setengah ikan. Dia mengendarai kereta yang ditarik oleh dua ekor hippokampos. Poseidon sering digambarkan bersama rombongannya yaitu Amfitrit, Triton, Nereid, lumba-lumba, Dioskuri, Palaemon, Pegasus, Bellerofontes, Thalassa, Ino, dan Galene. Poseidon sering digambarkan dengan kerang laut atau hewan laut lainnya. Dalam Theogonia karya Hesiod, Poseidon disebut sebagai "Yang Berambut Gelap". Seperti kebanyakan dewa laut, dia memiliki kemampuan untuk mengubah wujudnya, tetapi Poseidon tidak memiliki kekuatan meramal. Figur Poseidon tidak mencirikan karakter keagungan seperti saudaranya, Zeus; tetapi lebih mencerminkan ciri khas lautan yang bisa berubah-ubah, kadang bergejolak dan kadang tenang.
    Dalam mitologi Romawi Poseidon dikenal sebagai Neptunus. Dia juga dikenal dengan julukan sebagai berikut: Aigaios, Asfaleios, Kuirios, Damatites, Epaktaios, Epopsios, Gaiaokhos, Genethlios, Helikonios, Hippios, Hippokurios, Isthmos, Lekhaios, Onkhestios, Patros, Petraios, Samikos, Samios, Tainarius.
    Poseidon juga disebut dewa kuda, dengan julukan Hippios (atau Konsos). Julukannya yang lain adalah Enosikhthon ("Pengguncang Bumi"), dan Geokhos ("Penjaga Bumi"). Di kota Aegae di Euboea, dia dikenal sebagai Poseidon Aigaios dan mempunyai kuil yang indah di atas bukit.

    MADYA GIRI ADITAMA ( A 320100063)

    ReplyDelete
  12. POSEIDON
    Dalam mitologi Yunani, Poseidon (bahasa Yunani: Ποσειδῶν, Poseidó̱n) dikenal sebagai dewa penguasa laut, sungai, dan danau. Poseidon memiliki senjata berupa trisula yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi. Trisula tersebut dibuat oleh para Kiklops semasa Titanomakhia. Poseidon juga memiliki kendaraan yang ditarik oleh hippokampos (makhluk setengah kuda setengah ikan). Poseidon beristrikan Amfitrit dan memiliki anak bernama Triton. Posidon juga adalah dewa yang menciptakan kuda dalam upayanya merayu Demeter.

    Dewa laut Nethuns dalam mitologi Etruska diadopsi ke dalam mitologi Romawi sebagai Neptunus: keduanya merupakan dewa padanan bagi Poseidon. Poseidon sudah dipuja di Pylos dan Thebes sejak zaman perunggu Yunani sebagai saudara Zeus dan Hades. Ada sebuah Himne Homeros untuk Poseidon. Poseidon mempunyai banyak anak. Poseidon merupakan pelindung bagi banyak kota di Yunani, meskipun dia gagal mendapatkan Kota Athena. Binatang kesukaannya adalah kuda dan banteng. Pohon pinus dikeramatkan baginya.

    Nurul Syamsiah A320100004
    Niken Pratiwi A320100032

    ReplyDelete
  13. ARES
    Dewa perang dan putra laki-laki dari Zeus dan Hera, Ares menghasut peperangan dan bersikap kasar, menggambarkan kemarahan dan penghinaan terhadap dewa lain, termasuk orang tuanya. Ares tidak pernah bergabung di suatu angkatan perang dalam pertempuran tetapi hanya mempengaruhi para pejuang untuk menyerang satu sama lain dengan agresi yang kejam. Dalam perang Trojan, dia membantu bangsa Trojan. Ayah Ares melawannya dengan cinta sesame makhluk hidup dan mengejar cintanya dengan Aphrodite. Dengan menikahi Rhea Silva of Alba Longa, dia menjadi ayah dari si kembar Romulus dan Remus, yang dibuang dari rumah mereka dan dibesarkan oleh serigala betina. Setelah mereka dewasa, mereka sampai di Roma, dan kerajaan Roma mendukung kesuksesan mereka dalam perang si kembar melawan ayahnya.


    HENNY SULISTYANI UTAMI
    A320100121 (A)

    ReplyDelete
  14. HEPHAESTUS
    Hephaestus (Yunani: Ἡφαιστος Hêphaistos) , dikenal dengan nama Vulkan di mitologi Romawi. Ia adalah putra pertama Dewa Zeus dengan Dewi Hera. Ia adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi dan pengrajin senjata. Hefestus disembah di semua pusat industri dan manufaktur di Yunani terutama di Kota Athena. Walaupun bengkelnya terletak di pulau Lemnos, Hefestus dikaitkan dengan Gunung Etna oleh orang Sisilia. Hephaestus merupakan satu-satunya dewa yang tidak memiliki paras tampan seperti dewa-dewa lainnya. Dia adalah satu-satunya dewa yang lumpuh.
    Hephaestus dalam mitologi Yunani digambarkan sebagai anak yang buruk rupa dan pincang, sehingga diceritakan bahwa ia dibuang oleh Hera pada saat ia lahir. Dia terlempar selama satu hari satu malam dan jatuh di tengah samudra, dimana ia diselamatkan dan dirawat oleh Tetis dan Eurinome, dua okeanida-atau dewi laut yang merawatnya di gua bawah laut.
    Hephaestus membalas perbuatan Hera yang membuangnya dengan membuatkannya singasana emas gaib dengan rantai yang tidak kasat mata yang, saat Hera duduk di atasnya, langsung menjeratnya. Tidak ada satu dewapun-bahkan Ares sanggup mematahkan rantai itu. Dewa dewi yang lain memohon pada Hefestus untuk kembali ke Olimpus dan melepaskannya, tetapi dia tetap saja menolak. Dionysus akhirnya berhasil membuatnya mabuk dan membujuk ia kembali ke Olimpus. Di sana ia berdamai dengan ibunya dan bersedia melepaskannya. Atas kesediaannya, ia dinikahkan dengan Aphrodite, dewi cinta.
    Apapun kekurangan yang ada dalam dirinya, ditutupi Hephaestus dengan kekuatan yang luar biasa. Dan meski ia cacat, atau mungkin justru karena itu ia ahli menciptakan objek-objek yang sangat indah. Dari bengkel kerjanya jauh di dalam bumi, penguasa api dan tempaan ini menciptakan istana, makam dan baju dewa-dewi, seperti: halilintar Zeus dan baju baja Athena. Dia adalah dewa tukang besi dan pembuat perisai para dewa.

    Nama & Nim : SEPTIAN DWI HARDIKA (A 320 100 119)
    EFFENDY (A 320 100 117)
    AGIT UNGGUL (A 320 100 018)
    kelas : C

    ReplyDelete
  15. APHRODITE
    Aphrodite adalah salah satu dewa Olimpia besar, menurut pengertian populer dan puitis dari orang-orang Yunani, dewi cinta dan kecantikan. Beberapa tradisi menyatakan bahwa dia telah bermunculan dari busa (aphros) dari laut, yang telah berkumpul di sekitar bagian dimutilasi Uranus, yang telah dibuang ke laut oleh Kronos setelah ia memiliki ayah tak berawak itu. Dengan pengecualian dari himne Homer pada Aphrodite tidak ada jejak legenda di Homer, dan menurut dia Aphrodite adalah putri dari Zeus dan Dione. Kemudian tradisi menyebutnya seorang putri dari Kronos dan Euonyme, atau Uranus dan Hemera. Menurut Hesiod dan Homer himne tentang Aphrodite, dewi setelah naik dari busa yang pertama mendekati pulau Cythera, dan dari situ pergi ke Siprus, dan saat ia sedang berjalan di laut-pantai bunga bermunculan di bawah kakinya, dan Eros dan Himeros menemaninya ke perakitan para dewa besar lainnya, yang semuanya terpukau dan cinta ketika dia muncul, dan kecantikannya melebihi membuat setiap keinginan seseorang untuk memiliki dia untuk istrinya. Menurut pandangan kosmogonik dari sifat Aphrodite, dia adalah personifikasi dari kekuatan generatif alam, dan ibu dari semua makhluk hidup. Sebuah jejak gagasan ini tampaknya terkandung dalam tradisi bahwa dalam kontes dari Typhon dengan dewa, Aphrodite bermetamorfosis dirinya menjadi ikan, hewan yang dianggap memiliki kekuatan generatif terbesar. Namun menurut kepercayaan populer dari Yunani dan deskripsi puitis mereka, dia adalah dewi cinta, yang bersemangat gairah ini di hati dewa dan manusia, dan dengan kekuatan ini berkuasa atas segala penciptaan hidup.
    Mitologi kuno melengkapi banyak contoh di mana Aphrodite menghukum orang-orang yang mengabaikan ibadah nya atau membenci kekuatannya, serta yang lain di mana ia disukai dan melindungi orang-orang yang melakukan penghormatan padanya dan diakui bergoyang nya. Cinta dan keindahan adalah ide dasarnya terhubung, dan Aphrodite karena itu juga dewi kecantikan dan keanggunan. Dalam poin ini dia melampaui semua dewi lainnya, dan ia menerima hadiah keindahan dari Paris, dia memiliki lebih kekuatan pemberian keindahan dan pesona terkalahkan kepada orang lain. Selama perang Trojan, Aphrodite, ibu Eneas, yang telah dinyatakan yang paling indah dari semua dewi oleh seorang pangeran Trojan, secara alami sisi dengan Trojans. Dia menyelamatkan Paris dari kontes dengan Menelaus Tetapi ketika ia berusaha untuk menyelamatkan Eneas Sayang nya dari pertarungan, dia dikejar oleh Diomedes, yang terluka di tangannya. Dalam ketakutan dia meninggalkan anaknya, dan dilakukan oleh Iris di kereta dari Ares ke Olympus, di mana dia mengeluh kemalangan ke Dione ibunya, tapi ditertawakan oleh Hera dan Athena. Dia juga melindungi tubuh dari Hector, dan diurapi dengan ambrosia.
    Menurut account yang paling umum dari orang dahulu, Aphrodite menikah dengan Hephaestus. Ketidaksetiaan nya ke Hephaestus di amour nya dengan Ares, dan cara di mana ia tertangkap oleh kecerdikan suaminya, yang dilukiskan dengan indah dalam Odyssey. Dengan Ares ia menjadi ibu dari Phobos, Deimos, Harmonia, dan, menurut tradisi kemudian, Eros dan anteros juga. Tapi Ares bukanlah dewa-satunya yang disukai Aphrodite, Dionysus, Hermes, dan Poseidon juga menikmati pesona nya. Pada awalnya dia adalah menurut beberapa tradisi, dengan suami keduanya Hermaphroditus dan oleh Poseidon dia punya dua anak, Rhodos dan Herophilus. Sebagai Aphrodite sering menyala di hati para dewa cinta untuk manusia, Zeus akhirnya memutuskan untuk membuat dia membayar untuk olahraga nakal nya dengan mengilhami dia juga dengan cinta untuk manusia biasa. Hal ini dilakukan, dan Aphrodite dikandung gairah tak terkalahkan untuk Anchises, oleh siapa ia menjadi ibu dari Aeneas dan Lyrus.

    RIYANA KUSUMA DEWI (A 320100082) C
    SRI SUPADMI (A 320100044) B
    TINA ISLAM MIYATI (A 320100055) B


    ReplyDelete
  16. NAME : DEDY PRIYANTO A320100080
    DWI RULIANTO A320100089
    DWIKA AGUS F A320100090


    Poseidon is as black is black and white, white. His wrath will be felt at all times even during the times of peace, even as his waters stand still his power is known. The patience of his storms are never lost from the records of time. As the days twine together so shall the power he represents, a power that is neither forgiving or vendicated. His strength of guidence lies in his demand to be strong so that you may be tested to your belief in the cause. Though his waters can crash and crush subsequeently will they breed the strongest of warriors. To heed to his calling is to be outspoken in your belief and to understand him you must understand your natures temper when it calls , let its great fury be heard perhaps with it the storms from yesterday supressed will now surfice. ....but as poseidons charactor is built upon a everflowing and changing entity so shall his temperment be a heaven for those that search deep in his waters for security, they will be the warriors bred for peace. To realize that as life also flows and the uncertainty of the ocean surrounds you in its endless black and blue his charactor will teach you that you will never be a slave to circumstance. Though you may feel a victim of his wrath, the waves he sends crashing down to you are meant not to break but to bruise you black and blue so you may enter into the blackness and blueness of the everflowing ocean to be his children forevermore to then contribute to the cycle of the ocean.

    ReplyDelete
  17. NAMA : CYNDE NUARY (A320110215)
    NAMA : ATIN WAHYU RIYANTI (A320110213)
    KELAS : C

    ATHENA
    adalah dewi kebijaksanaan, strategi, dan perang. Athena juga dikenal sebagai dewi yang menolong para pahlawan. Athena adalah seorang dewi yang terlahir sebagai perempuan dewasa dan tak pernah digambarkan sebagai anak kecil. Athena tidak memiliki suami atau kekasih sehingga disebut sebagai parthenos ("perawan"), Hefaistos pernah mencoba memperkosanya namun gagal. Kuil Parthenon di kota Athena, Yunani adalah kuilnya yang paling terkenal. Menurut legenda, Athena adalah putri kesayangan Zeus, dewa terkuat. Ibunya adalah dewi Metis, yang merupakan dewi pemikiran dan kepandaian, dan terkenal sebagai dewi kebijaksanaan. Athena diberkahi kekuatan oleh ayahnya, kepandaian dan kebijaksanaan oleh ibunya. Athena pernah mengubah Medusa yang asalnya seorang gadis cantik menjadi monster. Di kemudian hari Perseus memenggal kepala Medusa dan memberikannya pada Athena, sang dewi lalu memasang kepala Medusa pada perisainya atau pada Aigis.

    ReplyDelete
  18. KELOMPOK
    Ali Mar’atus Sholikah (A320100096) class: C
    RATIH KUSUMAWATI (A320100116) class:C
    Nimas Ismayanindar (A320110166) class: B

    HERMES
    Hermes adalah salah satu dewa dalam mitologi Yunani,Hermes adalah anak Zeus dan Maia.
    Ia disebut juga sebagai Mercurius yang dianggap sebagai dewa keberuntungan, dewa pelindung bagi kaum pedagang, dan juga dewa pengirim berita..
    Hermes menjabat sebagai pembawa pesan Zeus dan pemandu bagi roh yang menuju neraka,
    Dari kisah asmaranya dia memiliki anak dari hubungannya dengan Aphrodite,yang bernama Hermaphrodite.
    Pada masa kecilnya ia mencuri kawanan ternak Apollo kemudian membuat harpa dari rumah kura-kura sebagai permohonan maafnya. Dikisahkan ia menolong Odysseus saat pulang dari Troya, dan sejak itu ia dihargai sebagai penolong para pengelana. Terkenal karena kekuatan fisiknya, ia juga dikenal sebagai pencipta olahraga balap lari karena ia selalu berlari cepat untuk menyampaikan pesanparadewa.


    ReplyDelete
  19. NAMA : ANNISA DEWI RATNASARI (A320110194)
    ROBEEAH D (A320110206)

    HERA
    Hera adalah ratu dari para dewa olympian dan dewi dari perempuan dan pernikahan, merupakan putri dari Cronus dan Rhea dan menjadi istri zeus setelah tergulingan ayah mereka. Hera terkenal dengan kecemburuannya dengan suaminya yang ia cintai sampai mati dan kemarahan nya pada anak-anak yang muncul dalam kehidupannya, terutama Heracles. Pernikahan Hera dilaksanakan pada perselisihan dengan Zeus . Zeus dirayu dan tidak berhasil. Dia kemudian beralih ke tipu daya, mengubah dirinya menjadi acak-acakan. Hera merasa kasihan dan memegang burung di dadanya untuk menghangatkannya. Zues kemudian dilanjutkan bentuk normal dan mengambil keuntungan dari kejutan yang ia peroleh, yaitu memperkosanya. Dia kemudian menikah dengan dia untuk menutupi aibnya. Hera adalah ibu dari Hephaistos, dewa gunung berapi dan Blacksmithing. Itu, karena dia adalah dewi bumi dan gunung berapi yang lahir di bumi. Dia juga ibu dari Hebe, dewi muda, dan Ares, dewa perang (mungkin karena dia berhubungan dengan agons). Berbeda dengan cerita Yunani yang tidak setuju tentang suami Hera Zeus, apakah dia ayah dari anak-anak, atau mungkin Hera hanya membuat mereka sendiri, tanpa seorang ayah. Trojan pangeran paris membuat Hera murka ketika ia menghakim aphrodite menjadi lebih indah. Hera dendam terhadap troy supirnya yang mendukung sisi Yunani dalam perang dan setelah perang, untuk tempat rintangan yang tak terhitung di jalan dari pahlawan Trojan Aenaes pada pencarian ini untuk menemukan Roma.

    ReplyDelete
  20. DEWA EROS
    Eros atau yang lebih kita kenal sebagai Dewa Cupid tidak lain adalah anak dari Dewi Aphrodite, dewi kecantikan sekaligus salah satu dewi penghuni Gunung Olmyppus. Gunung dimana tempat para dewadewi tertinggi Yunani bersemayam.
    Nama Eros sendiri diartikan sebagai cinta yang hanya berlandaskan hawa nafsu belaka, yang terambil kata turunan dari sebuah kata dalam Bahasa Yunani yaitu ‘erotis’.
    Sementara dalam mitologi Romawi, Eros juga disebut dengan nama Kupid atau Cupito. Dalam mitologi tersebut, Eros selalu digambarkan sebagai anak kecil bersayap yang selalu membawa busur dan anak panah kemana pun dia pergi. Menurut cerita, Eros sangat berperan dalam proses pencarian cinta dan belahan jiwa baik manusia ataupun dewa . Manusia dan dewa dewi Yunani-Romawi sendiri, tidak sedikit yang mengharapkan bantuan Eros. Sebab ada mitos yang mengatakan, siapa saja yang tertembak oleh busur panah Eros dan busur itu menembus hati sang target, maka hati orang tersebut akan dipenuhi oleh cinta dan kasih sayang.
    MUHAMAD JA’FAR (A320110201)
    ISMAIL (A32011223)

    ReplyDelete
  21. Dipersenjatai dengan busur dan anak panah, kekanak-kanakan dan bersayap, eros yang mana adalah anak dari aphrodite mengilhami keinginan erotis di hatinya, anak panah cintanya menyebabkan lututnya gemetar dengan kerinduan. Ketika putri psyche terkenal dengan kecantikannya, justru menimbulkan kecemburuan terhadap aphrodite. Tiba-tiba, eros melukai dirinya dengan panahnya sendiri ketika jiwanya tengah tertidur. Terkait keinginan putri psyche, eros mengunjunginya hanya pada malam hari dan tidak pernah memungkinkan dia untuk melihat wajahnya. Suatu malam, ia menyalakan lampu dan menangkap sekilas wajahnya, sehingga ia tidak lagi mendatanginya. Aphrodite, masih cemburu dengan sang putri, memaksa jiwanya untuk melakukan tugas-tugas sulit untuk memenangkan eros kembali. Salah satu tugasnya, mengharuskan dia untuk turun ke bumi dan mengambil sekotak kecantikan dari Persephone. Bodohnya, ia membuka kotak itu sebelum dia membawanya ke aphrodite dan didalamnya berisi hal-hal yang memabukkan. Eros pun turun ke bumi untuk menyelamatkan cintanya, membangunkan dia, dan memohonkan kasusnya ke zeus. Pada akhirnya, zeus meyakinkan aphrodite untuk mengampuninya dan kemudian menyambutnya sebagai putri olympus yang abadi.

    FATHONAH WAHYU T. A.320 100 002
    DESY RATNA SARI A.320 100 009

    ReplyDelete
  22. HERA
    Hera adalah ratu langit, dia adalah putri titans kronos dan rhea, dia merupakan dewi perempuan, pernikahan dan kelahiran. Hera adalah saudari dari Zeus, Poseidon, hades, Demeter dan, Hestia. Setelah Zeus menikahi Metis dan Themis, dia juga menikahi hera. Hera memiliki 3 orang anak, Ares, Hebe, Eileityia. Sapi dan merak adalah hewan yang dikeramatkan untuknya. Ia digambarkan sebagai dewi yang penuh keagungan dan penuh nikmat. Hera dikenal atas sifatnya yang pencemburu dan pendendam, terutama pada selingkuhan dan anak-anak zeus. Beberapa mengatakan bahwa Hefaistos adalah putra Zeus dan Hera, tetapi ada pendapat bahwa hera melahirkannya tanpa pasangan. Dewa lain yang kemungkinan anak hera adalah Tikhe dan Enyo. Pernikahan hera bukan merupakan pernikahan yang bahagia karena Zeus sering berselinkuh. Hera banyak menyiksa dan menganiaya selingkuahan Zeus, beberapa korban Hera antara lain: Titan Leto, Kallisto yang diubah menjadi berung dan puntanya, Io putrid dewa sungai, Inakho, Semele dan putranya Dionisos dewa anggur. Menurut Geogafer yunani, Pausanias, hera marah pada Zeus dan meninggalkanya. Dia pergi kepulau Euboia. Zeus membujuk Hera untuk kembali, tetapi Hera menolak, kemudian sesuai saran raja bijak di Plania, Zeus membuat patung perempuan yang didandani dan menaruhnya dikeretanya. Hera mengira patung itu adalah putri osoplos yaitu plataia. Kemudian Hera marah, dan setelah tahu kalau itu patung hera kembali berdamai dengan Zeus. Untuk mengenang peristiwa itu setiap tujuh tahun diselenggarakan festival diplantaia. Sepanjang perang troya Hera memihak pasukan Yunani, karena Hera marah kepada Paris, pangeran Troya yang memberikan apel emas bertuliskan” ang tercantik” kepada Afrodit. Julukan Hera adalah Argeia (hera Argos). Tempat pemujaanya adalah di Argos. Eubaia, Samos, dan Stymphalos.

    RIA TRI OKTA PRASANTI A320100088
    EKA YULI PANGESTY A320100100
    AZIZATUN NIKMAH A320100101

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Hades
    Hades (Meiosei, dalam bahasa Jepang) adalah dewa penguasa dunia bawah (underworld). Hades biasa disebut juga sebagai Pluto. Underworld sering diidentikkan sebagai neraka atau tempat bersemayamnya roh – roh orang – orang yang sudah mati. Dalam mitologi itu, Underworld adalah Tartarus, sebuah tempat dimana Hades sangat berkuasa. Gerbang depan Tartarus dijaga oleh anjing berkepala tiga yang disebut Cerberus.
    Hades adalah anak dari Chronus dan Rhea, sang penguasa Olympia sebelum Zeus. Chronus mempunyai 6 anak, yaitu Zeus, Hades, Poseidon, Hestia, Demeter, dan Hera. Semua anak-anaknya ini sesudah dilahirkan direncanakan akan dibunuh oleh Chronus dengan memasukkan mereka kedalam mulutnya. Tetapi Zeus berhasil melarikan diri dan bersama dengan kelima saudaranya yang lain, mereka membunuh Chronus.
    Ketika ketiga anak Chronus saling memperebutkan kekuasaan, Hades mendapat bagian kekuasaan dunia bawah (neraka), Poseidon mendapat kekuasaan atas lautan, dan Zeus mendapat dunia atas dan berkuasa di Olympus.
    Meskipun Hades berkuasa atas tempat orang mati, namun Hades bukan kematian/maut itu sendiri. Dewa yang bertugas mengambil nyawa orang lain adalah Thanatos. Kemudian, roh – roh orang yang sudah mati tersebut akan diantar oleh Charon ke Underworld.
    Hades digambarkan sebagai seorang yang berkepribadian gelap, tertutup, kejam, dan hampir selalu diidentikkan dengan kematian. Hades duduk di singgasana yang terbuat dari kayu ebony dan membawa sebuah tongkat. Dia juga memiliki helm pemberian Cyclopes yang membuatnya tidak terlihat. Hades hampir selalu dibenci dan ditakuti oleh manusia mortal, dan tidak disukai oleh para dewa. Bahkan banyak manusia yang tidak berani menyebut namanya, para dewa pun enggan berurusan dengannya.
    Diceritakan dalam mitologi Yunani, para dewa mengurung para raksasa dibawah Gunung Etna. Kadang – kadang para raksasa memberontak dan berusaha keluar dari kurungan mereka sehingga menyebabkan gunung meletus dan gempa bumi. Hades khawatir ulah para raksasa itu akan menyebabkan dunia bawah rusak dan menjadi terbuka pada dunia atas. Hades lalu menaiki kereta perangnya yang berwarna emas dan keluar dari dunia bawah untuk melakukan patroli. Pada saat itulah Eros (Cupid) memanah Hades, membuatnya jatuh cinta pada Persefone, sang Dewi Kesuburan Bumi, yang sedang memetik bunga di padang Nysa.
    Hades tidak menikahi Persefone secara baik – baik. Ia menculik Persefone dan menyekapnya dalam Tartarus. Ibu Persefone, Demeter (Dewi Pertanian), sangat marah dan sedih kehilangan anaknya. Saking sedihnya Demeter, dia tidak lagi memberikan kesuburan di bumi, musim dingin berkepanjangan, dan tanaman tidak dapat tumbuh lagi di bumi. Banyak orang yang menderita akibat kesedihan Demeter yang kehilangan Persephone. Untuk mencegah bumi lebih menderita lagi, maka Hermes, sang utusan, bertugas sebagai mediator antara Hades dan Demeter agar Persephone dibiarkan bertemu kembali dengan ibunya. Tetapi Persefone ternyata telah memakan buah delima di dunia bawah sehingga kini Persefone menjadi terikat pada Hades dan ingin kembali ke dunia bawah. Tentu saja Demeter tidak ingin anaknya pergi lagi. Akhirnya Zeus membuat kesepakatan bahwa selama setengah tahun Persefone akan tinggal di dunia atas bersama ibunya dan selama setengah tahun berikutnya Persefone akan tinggal di dunia bawah bersama Hades.
    Ketika Persefone tinggal dunia atas, Demeter bahagia sehingga terjadi musim semi sedangkan ketika Persefone tinggal bersama Hades, Demeter berduka sehingga terjadi musim dingin. Hal inilah yang menyebabkan pergantian musim.
    Berebeda dengan Dewa yang lain, Hades adalah satu – satunya Dewa yang hanya mencintai satu wanita saja, yaitu Phersephone. :veryhappy: :veryhappy: :veryhappy:
    (http://all-here.forumid.net/t35-hades-dewa-penjaga-neraka)


    Hayu Wijayanti A320100071

    ReplyDelete
  25. Mischeievous Hermes menunjukkan bakat dan kecerdasannya semenjak ia lahir. Beberapa saat setelah ia lahir dari rahim Maia, wanita yang memberikan cintanya, Zeus, Hermes menjumpai penyu di pintu gua, dan memukulnya hingga tubuhnya keluar dari cangkangnya. Kemudian potongan cangkang itu menghasilkan bunyi kemudian terciptalah suar yang disebut lyre, instrument musik yang dan gitar zaman dulu.
    Kemudian, Hermes mencuri sapi suci dari adiknya Apollo, kemudian membakarnya pada ritual pengorbanan, dan dan kemudian kabur kembali ke ayunannya dan gendonganya sendiri.
    Maia dan Apollo sendiri, menemui Hermes tetapi ia menyembunyikan kejahatannya. 2 dewa membawa masalah sebelum Zeus yang tertawa tertekan dengan kelahiran anak Deviousness. Hermes kemudian meringankan kelahiran dengan memainkan lagu dari lyre yang mempesona Apollo. Memberikan adiknya lyre sebagai perdamaian. Hermes memberikan keanggungan tuhan dan mengambil tempat di gunung Olympus. Dia sebagi pengingat tuhan. Ia turun ke dunia dengan sayap sandal dan membawa pengawal 2 ular yaitu kerykeoin di Greek dan Caducues di Latin.

    Eni Ratnawinata A320100106
    Ardhi Rustyawan A320100102

    ReplyDelete
  26. MUSABANI YATI S. A320100045
    PUTRI ANIF SANGADAH A320100069

    Mitologi Yunani/Kisah Cinta
    Sebagai dewa langit Zeus memiliki akses yang mudah pada para perempuan cantik di seluruh dunia dan dia memang memanfaatkan hal itu. Selain itu, kekuasaannya sebagai dewa tertinggi menjadikannya sukar untuk ditolak perempuan. Sebelum menikah dengan Hera, Zeus telah terlebih dahulu menikahi Metis, Themis, dan Mnemosine. Zeus juga berhubungan dengan Leto tidak lama setelah menikah dengan Hera. Beberapa perempuan yang pernah ditiduri oleh Zeus setelah menikah dengan Hera di antaranya adalah sebagai berikut:
    Europe, dan Io,,
    Europe dibawa pergi oleh Zeus. Europe adalah putri raja Agenor di Sidon. Benua Eropa dinamai dari namanya. Suatu hari Europe bersama teman-teman wanitanya berkumpul dan memetik bunga bersama. Zeus melihat kumpulan wanita ini dan langsung jatuh cinta pada Europe karena Europe adalah perempuan tercantik di antara mereka. Zeus lalu menyamar sebagai banteng putih yang indah dan menghampiri mereka. Banteng samaran Zeus sangat indah dan bahkan beraroma bunga sehingga Europe dan teman-temannya langsung mendekatinya, mereka mengelus-elusnya.
    Tiba-tiba banteng itu berbaring di hadapan Europe. Europe menunggangi punggung banteng itu dan banteng itu pun langsung membawa pergi Europe. Banteng itu pergi ka pantai dan berenang menyeberangi lautan sambil memabwa Europe di punggungnya. Mereka bahkan diikuti oleh Poseidon, Triton dengan terompetnya, dan para Nereid yang menunggangi lumba-lumba. Rombongan itu membawa Europe semakin lama semakin jauh dari tempat asalnya. Europe menyadari bahwa banteng itu pastilah dewa dan dia pun mulai ketakutan. Europe lalu memohon kemurahan hati sang dewa. Zeus lalu berbicara Europe bahwa dia mencintainya.
    Zeus dan Io.
    Io adalah seorang pendeta Hera di Argos. Zeus jatuh cinta pada Io dan menidurinya. Untuk mencegah Hera mengetahui apa yang terjadi, Zeus menutupi dunia dengan awan hitam tebal. Namun Hera malah menjadi curiga, dia lalu turun dari Gunung Olimpus dan menghilangkan awan tersebut. Zeus berpikir cepat dan mengubah wujud Io yang asalnya seorang gadis cantik. Ketika awannya sudah hilang, Hera melihat Zeus berdiri di samping seekor sapi putih. Zeus kemudian bersumpah bahwa ia belum pernah melihat sapi itu sebelumnya, dan bahwa sapi itu keluar begitu saja dari dalam bumi. Mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, Hera meminta sapi itu sebagai hadiah. Dan Zeus pun memberikan sapi itu pada Hera.
    Hera kemudian menyuruh Argus Panoptes, raksasa bermata seratus, untuk menjaga sapi itu. Zeus mengutus Hermes untuk mengambil Io. Hermes menyamar sebagai seorang gembala dan membuat Argus tertidur dengan musik dan ceritanya. Setelah Argus tertidur, Hermes pun membunuhnya. Sebagai kenang-kenangan, Hera mengambil semua mata Argus dan memasangnya pada ekor burung kesayangannya, merak.
    Hera kemudian memaksa Io mengembara di bumi tanpa istirahat. Io melintasi jalan antara Propontis dan Laut Hitam, yang kemudian dinamai Bosporus (lintasan sapi), di sana ia bertemu Prometheus. Prometheus dirantai di Gunung Kaukasus oleh Zeus karena mengajar manusia cara membuat api dan menipu Zeus. Setiap hari, seekor elang raksasa datang dan memakan hati Prometheus. Meskipun sedang menderita, Prometheus menghibur Io dengan memberitahu bahwa Io akan kembali menjadi manusia dan keturunannya akan menjadi pahlawan terhebat, Herakles. Io kemudian menyeberangi Laut Ionia. Di Mesir, Dia diubah kembali menjadi manusia oleh Zeus. Di sana juga, ia melahirkan putra Zeus, Epafos, dan seorang anak perempuan, Kiroessa. Dia kemudian menikah dengan Telegonus, raja Mesir. Cucu mereka, Danaos, nantinya akan kembali ke Yunani.

    ReplyDelete
  27. ARIFAH PRATIKAYANI (A320100068)
    Dionysus
    Ketika putri kehidupan bernama Semele dari Thebes membangkitkan rasa perhatian cinta kasihnya pada Zeus, Hera, pernah merasa cemburu pada cnta yang hidup dari suaminya, putrid Semele mendekati dengan menyamar dan menceritakannya untuk menanyakan padanya cinta abadi untuk memunculkan sebelum dia dalam kenyataan cinta Zeus, suatu bentuk yang nyata. Zeus menaati permintaan dan muncul untuk Semele sebagai sebuah kegila-gilaan dari kunci cahaya yang terang, yang mana menimbulkan bencana kehangusannya dan membahayakan sifat tuhan dalam ramalan tentang bibit di dalam sebuah proses. Zeus menjaga janin yang diatanamkan itu di pahanya, dimana selama proses kehamilan dan keadaan darurat sebagai dewa Dionysus. Kelahiran baru dari seorang dewa dari anggur dan pesta ria mencoba mencari ibunya di neraka dan menyampaikannya kepada Olympus, dimana dia menyombongkan keabadiannya. Teruntuk raksasa Yunani, Dionysus telah menjadi objek kekuatan dari ketaatan beragama, khususnya diantara cara pemujaan perempuan disebut Maenads. Perayaan mereka untuk Dionysus terjadi secara berlebihan dari minuman beralkohol, perasaan bingung yang menggebu-gebu atau thyrsi ( membelitkan bagiannya di tanaman anggur atau daun ), dan kadang –kadang pemotongan dari hewan atau anak manusia.

    ReplyDelete
  28. Hera adalah ratu dewa Olimpus. Dewinya perempuan dan pernikahan. Hera adalah saudara perempuan dari Cronus dan Rhea dan menjadi istri Zeus setelah mereka menjatuhkan ayah Titan. Hera terkenal karena kecemburuannya pada suaminya yang mencintai orang lain dan kemarahannya terhadap anak yang dihasilkan Zeus dengan selingkuhannya, terutama Heracles (Putra Zeus dan Alkmene). Raja Paris Trojan membuat Hera marah ketika ia memutuskan bahwa Aphrodite (putri dari Zeus dan Dione) lebih cantik darinya. Ia menjadi musuh besar bagi Troya yang tanpa ampun mengguanakan kekuatannya bagi prajurit Yunani hingga Troya luluh lantah.Setelah peperangan banyak sekali rintangan dalam perjalanan ke Trojan untuk menemukan pangeran Aneas di Roma.

    Ana Wijayanti A320100010
    Efayanti P.S A320100037
    kelas : A

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. APOLLO

    Apollo adalah dewa musik, ramalan, panahan, penyembuhan, dan masa muda. Dia adalah saudara kembar Artemis. Apollo merupakan putra Titan Leto, anak perempuan Titan Koios dan Foibe.
    Ia terkenal dengan nama Foibos Apollo, dan dengan demikian dikenal pula sebagai dewa cahaya dan matahari. Apollo digambarkan dengan tubuh [ria yang sempurna; berotot namun muda. Patung Apollo tidak pernah digambarkan memiliki janggut.
    Apollo adalah dewa panahan, dan dia membawa busur perak seperti Artemis. Apollo senang berburu bersama saudarinya itu, dan kadang-kadang bersama ibunya juga. Apollo juga memiliki sebilah pedang emas.
    Apollo adalah dewa musik. Hermes memberinya alat musik lira yang telah dia ciptakan. Hermes membuatnya dari cangkang kura-kura dan senarnya dibuat dari bulu domba. Tidak ada manusia maupun dewa yang mampu memainkan lira sehebat Apollo.
    Apollo adalah dewa ramalan dan orakel. Orakel di Delphi adalah tempat ramalannya yang paling utama, meskipun tempat itu pada awalnya dimiliki oleh Gaia, lalu oleh Themis dan Foibe, sebelum akhirnya orakel itu diserahkan kepada Apollo. Delphi hanyalah pemukiman kecil pada periode Mykenai Baru pad abad ke-8 SM daerah itu dibangun dan menjadi pusat pemujaan Apollo.
    Apollo juga merupakan dewa pengobatan dan penyembuhan. Meskipun, dalam sumber-sumbernya yang lebih awal, dewa pengobatan adalah Paeon, tapi nama itu bisa saja adalah salah satu julukan Apollo.
    Selama Perang Troya, Apollo membantu orang Troya, khususnya pahlawan Troya, Hektor dan Aineias. Dalam perjalanan ke Troya, Akhilles membuuh Tenes, raja Tenedos, yang merupakan putra Apollo. Akibatnya, Apollo ikut terlibat dalam kematian Akhilles pada tahun terakhir perang. Ketika itu Akhilles sedang mengejar para prajurit Troya yang sedang kabur, dan Paris menembakkan panahnya pada Akhilles. Apollo mengarahkan panah itu kepada pada titik kelemahan Akhilles, yaitu tumitnya.
    Di Troya, Apollo memberikan kemampuan meramal kepada Kassandra, putri Priamos dan Hekabe, supaya sang gadis mau bercinta dengannya. Sayangnya Kassandra menolak Apollo. Penolakan ini membuat Apollo marah sehingga Kassandra dikutuk bahwa ramalannya tidak akan pernah dipercayai oleh orang lain.
    Apollo memiliki banyak julukan, di antaranya Akersekomes (tidak terpotong) Akesios (penyembuh), Kynthios, Delios, Loxias, Lykios (dewa serigala), Moiragetes (pembimbing Moirai), Musagetes (pelindung Musai), Paean (dewa penyembuh), Phoibos (bersinar), Smintheus (dewa tikus).
    Tempat pemujaannya adalah di Delphi, Delos, dan Tenedos. Pohon keramatnya adalah pohon salam, sedangkan hewan kesukaannya adalah serigala, gagal, angsa, elang, ular, tikus, dan belalang.


    Aryan Wijayanto A320110114
    Abdullah Indra Mukti A320110128

    ReplyDelete
  31. NAME : ENDAH KURNIAWATI
    NIM : A320100149
    CLASS : C

    Dengan hati orang tuanya, zeus dan hera, Hephaestus lahir lemah dan lumpuh secara fisik. Ia menebus nya melalui karyanya sebagai dewa api dan smithery. Dengan bantuan dari murid-muridnya, Cyclopes, di bengkelnya di bawah Gunung Aetna, Hephaestus menempa baju besi dari Achilles, tongkat kerajaan agamemnon, dan baju besi dari Eneas meskipun Hephaestus pernah mengambil sisi dalam konflik fana, senjata dan armor ia bentuk memiliki kekuatan untuk mengubah gelombang pertempuran. Hephaestus menikah dengan Aphrodite, yang sering tidak setia kepadanya dengan Ares dan lain-lain.
    Hephaestus diberi keajaiban berbagai keahlian, seperti istana mengagumkan yang dibangun untuk para dewa di puncak Gunung Olympus, atau baju besi yang ia dibuat untuk Achilles selama pengepungan Troy (deskripsi yang menempati banyak baris besar epik Homer dari Trojan War).
    Hephaestus juga menciptakan wanita pertama, Pandora, atas perintah Zeus, sebagai pembalasan atas berbagai trik dimana Prometheus Titan telah diuntungkan manusia fana dengan mengorbankan para dewa. Pandora diberikan kepada saudara Titan, Epimetheus, sebagai istrinya. Untuk mas kawinnya dia membawa stoples penuh dengan kejahatan dari mana ia membuka tutupnya, sehingga menimpa pria untuk pertama kalinya dengan kerja keras dan penyakit. Hanya berharap tetap di dalam tabung.

    ReplyDelete
  32. Poseidon
    poseidon adalah dewa penguasa lautan, badai dan gempa bumi. putra dari Cronus dan Rhea, dan saudaranya adalah zeus, demeter, hades, hera, dan hestia.Poseidon memiliki senjata berupa trisula(tongkat bercabang tiga) yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi. Trisula tersebut dibuat oleh para Kiklops semasa Titanomakhia. Poseidon juga memiliki kendaraan yang ditarik oleh hippokampos (makhluk setengah kuda setengah ikan). Poseidon beristrikan Amfitrit dan memiliki anak bernama Triton. Posidon juga adalah dewa yang menciptakan kuda dalam upayanya merayu Demeter. dia tinggal disebuah istana dibawah laut. Ketika Cronus ayahnya mengalami kekalahan, dunia dibagi menjadi tiga dan diwariskan kepada ketiga anaknya yaitu zeus sebagai penguasa langit, Hades dunia bawah dan Poseidon sebagai penguasa lautan.
    Dewa laut Nethuns dalam mitologi Etruska diadopsi ke dalam mitologi Romawi sebagai Neptunus: keduanya merupakan dewa padanan bagi Poseidon. Poseidon sudah dipuja di Pylos dan Thebes sejak zaman perunggu Yunani sebagai saudara Zeus dan Hades. Ada sebuah Himne Homeros untuk Poseidon. Poseidon mempunyai banyak anak. Poseidon merupakan pelindung bagi banyak kota di Yunani, meskipun dia gagal mendapatkan Kota Athena. Binatang kesukaannya adalah kuda dan banteng. Pohon pinus dikeramatkan baginya.
    Poseidon selalu digambarkan sebagai seorang pria yang perkasa, berjenggot dan membawa trisula.[8] Satu pukulan dari trisulanya bisa membelah bumi. Poseidon kadang-kadang digambarkan bertubuh setengah ikan. Dia mengendarai kereta yang ditarik oleh dua ekor hippokampos. Poseidon sering digambarkan bersama rombongannya yaitu Amfitrit, Triton, Nereid, lumba-lumba, Dioskuri, Palaemon, Pegasus, Bellerofontes, Thalassa, Ino, dan Galene. Poseidon sering digambarkan dengan kerang laut atau hewan laut lainnya. Dalam Theogonia karya Hesiod, Poseidon disebut sebagai "Yang Berambut Gelap". Seperti kebanyakan dewa laut, dia memiliki kemampuan untuk mengubah wujudnya, tetapi Poseidon tidak memiliki kekuatan meramal. Figur Poseidon tidak mencirikan karakter keagungan seperti saudaranya, Zeus; tetapi lebih mencerminkan ciri khas lautan yang bisa berubah-ubah, kadang bergejolak dan kadang tenang.
    Dalam mitologi Romawi Poseidon dikenal sebagai Neptunus. Dia juga dikenal dengan julukan sebagai berikut: Aigaios, Asfaleios, Kuirios, Damatites, Epaktaios, Epopsios, Gaiaokhos, Genethlios, Helikonios, Hippios, Hippokurios, Isthmos, Lekhaios, Onkhestios, Patros, Petraios, Samikos, Samios, Tainarius.
    Poseidon juga disebut dewa kuda, dengan julukan Hippios (atau Konsos). Julukannya yang lain adalah Enosikhthon ("Pengguncang Bumi"), dan Geokhos ("Penjaga Bumi"). Di kota Aegae di Euboea, dia dikenal sebagai Poseidon Aigaios dan mempunyai kuil yang indah di atas bukit.
    pendampingnya adalah Amphitrite, seorang nimfa kuno, putri Nereus dan Doris.

    Djati Pramitasari (A320110066)

    ReplyDelete
  33. Hades
    Hades (bahasa Yunani: ᾍδης, Hadēs, atau Ἅιδης, Háidēs) adalah dewa dunia bawah dalam Mitologi Yunani.Hades adalah salah satu dewa Olimpus. Hades merupakan putra terua dari Kronos dan Rea, saudara dari Zeus dan Poseidon. Hades memiliki tongkat dwisula yang digunakan untuk membuka gerbang dunia bawah. Hades juga memiliki senjata andalan yaitu helm kegelapan, helm ini bisa membuatnya tak terlihat oleh manusia bahkan para dewa. Helm ini digunakan untuk menyelinap ke tempat para dewa saat perang Titanomakhia yaitu perang melawan para Titan. Dia selalu digambarkan bersama anjing berkepala tiga bernama Kerberos, Kerberos adalah penjaga pintu dunia bawah. Hades memiliki istri bernama Persefon. Hades memiliki beberapa pembantu untuk membantu tugasnya dalam memimpin dunia bawah yaitu :
    1. Askalafos; penjaga kebun Hades yang dikutuk menjadi burung hantu oleh Demeter.
    2. Erinyes; dewi pembalasan yang mengawasi kamar penyiksaan di dunia bawah. Mereka sering disuruh Hades untuk menemani hantu yang ingin melakukan pembalasan.
    3. Minos, Aikos dan Rhadamanthis; tiga hakimdunia bawah yang mengadili roh manusia.
    4. Para Ker; dewa kematian kejam
    5. Kharon; pendayung perahu yang menyeberangkan roh ke dunia bawah
    6. Menoitios; gembala yang menjaga ternak Hades
    7. Dewa sungai (Stiks, Lethe, Kokitos, Akheron)
    8. Thanatos; dewa kematian


    Nanang Nursecha A320100041
    Rina Dwi Cahyani A320100012
    Nur Chairul Azis A320090171

    ReplyDelete
  34. DEMETER
    Dalam mitologi Yunani, Demeter (bahasa Yunani: Δημήτηρ, Dēmētēr, kemungkinan bermakna "ibu bumi") merupakan dewi pertanian dan kesuburan. Demeter mengendalikan panen, kesuburan tanah, musim (dilambangkan dengan Horai), dan gandum. Demeter merupakan putri dari Kronos dan Rhea. Setelah lahir, Demeter dan saudara-saudaranya ditelan oleh Kronos, yang takut jika suatu saat nanti tahtanya akan digulingkan oleh anak-anaknya. Demeter diselamatkan oleh Zeus dan kadang-kadang disebut sebagai salah seorang dewa Olimpus menggantikan Hades karena Hades lebih sering berada di dunia bawah. Demeter adalah dewi yang mengajari manusia bercocok tanam sehingga manusia meninggalkan cara hidup berburu dan meramunya menjadi bercocok tanam. Rambut Demeter melambangkan bulir-bulir gandum yang merupakan simbolnya. Demeter juga digambarkan mengenakan polos, mahkota berbentuk lingkaran yang dikenakan oleh para dewi. Demeter memiliki seorang anak bernama Persefone yang menjadi istri dari Hades. Konon, kisah Persefone ini merupakan asal mula timbulnya empat musim. Saat Persefone tinggal bersama Hades, Demeter bersedih dan bumi mengalami musim dingin. Sementara ketika Persefone tinggal bersama Demeter, Demeter berbahagia dan saat itulah terjadi musim semi.

    Aan Sholeh(A320080289)
    Susi Wulandari(A320100022)
    Ana Susianti(A320100035)

    ReplyDelete
  35. Pan adalah kepala dari dewa alam yang kurang terkenal. Laki- laki dengan tubuh dan kepala seperti kambing, kaki tanduk dan telinga yang menyerupai kambing. Dia tinggal di hutan, gunung, dan gua. Pan adalah anak laki- laki dari harmer, dia terkenal dengan hubungan cintanya dengan bidadari. Dia dapat memberi kesuburan / kemakmuran untuk rakyatnya, dia akan balas dendam dengan sangat kejam terhadap semua manusia yg melakukan hal jahat pada hewan, dan dia mempunyai kekuatan untuk membuat panik manusia dan hewan buas. Bangsa Yunani menyakralkan waktu di siang hari, karena mereka yakin bahwa Pan tidur diwaktu itu dan dia akan menjadi marah jika dia terganggu / dibangunkan.
    Nama :
    mifta pamungkas (320100006)
    Kuslina S.E (320100011)

    ReplyDelete
  36. Novi Barokah (A 320100112/ C)
    Aphrodite
    Aphrodite muncul dan terbentuk dari gulungan ombak laut lepas pantai Cyprus. Dewi kecantikan, cinta dan kesuburan, dia dipaksa untuk menikah secara seksual oleh para dewa, dewa yang hebat, Hephaestus. Karena tidak puas dengan suaminya, Aphrodite mempunyai banyak kekasih, yang paling terkenal adalah Ares, dewa perang. Anaknya Eros, anak laki-laki yang menghasut keinginan romantis dengan panahnya, dan Trojan hero Aeneas, yang lahir dari pasangan Aphrodite dan Trojan shepherd Anchises. Dewi menggoda Anchises membual kepada teman-temannya tentang eksploitasi dengan dewi lainnya, ia tersambar petir, buta dan pincang. Meskipun demikian anak laki-lakinya, Aeneas, tinggal bersama Aphrodite, dan dia menolong Trojans pada saat Trojan perang dan kepergiannya ke Italy setelah dari Troy.

    ReplyDelete
  37. Dionysus
    Dionysus adalah putra Zeus dan Semele.ketika itu ada seorang ratu dari Thebes, yang bernama putri Semele. Zeus yang saat itu adalah seorang dewa, telah jatuh cinta kepada ratu Semele. semele meraa senang, telah dicintai oleh seorang dewa, walaupun ia (zeus) tidak dapat dilihat. Hera cemburu karena suaminya (zeus) telah jatuh cinta kepada Semele. Hera membujuki semele dengan menyamar dan menggoyahkan hati semele dengan bercerita, jika zeus benar benar mencintai semele, seharusnya dia (zeus) menampakkan wujud aslinya. Zeus memenuhi permintaan semele, untuk menampakkan wujud aslinya, walaupun zeus tahu, bahwa akan terjadi hal buruk.
    ketika zeus menampakkan wujud aslinya, tiba tiba petir menyambar dan membakar semele serta bayinya (Dionyus) yg sedang dikandungnya. Zeus mencoba menyelamatkan Dionyus dengan menanamnya didalam paha, sampai akhirnya lahir sebagai Dewa Dionysus. kelahiran dewa Dionysus yg disebut dengan dewa anggur ini diadakan perayaan yang bertujuan untuk mencari ibunya di seluruh pelosok negri dan mengirim ibunya ke Olympus, untuk selamanya. pada zaman yunani kuno, Dionysus adalah object dari sesembahan keagamaan. khususnya dikalangan kultus wanita yang disebut oleh Maenads. perayaan Dionysus yang mereka adakan, termasuk meminum alkohol, berputar putar dengan obor/ thyrs dan kadang-kadang pemotongan hewan atau bahkan anak-anak manusia

    RITH CAHYA KUNTASARI
    A320080200

    ReplyDelete
  38. Sebagai dewa langit Zeus memiliki akses yang mudah pada para perempuan cantik di seluruh dunia dan dia memang memanfaatkan hal itu. Selain itu, kekuasaannya sebagai dewa tertinggi menjadikannya sukar untuk ditolak perempuan. Sebelum menikah dengan Hera, Zeus telah terlebih dahulu menikahi Metis, Themis, dan Mnemosine. Zeus juga berhubungan dengan Leto tidak lama setelah menikah dengan Hera. Beberapa perempuan yang pernah ditiduri oleh Zeus setelah menikah dengan Hera di antaranya adalah sebagai berikut:
    Europe, dan Io,,
    Europe dibawa pergi oleh Zeus. Europe adalah putri raja Agenor di Sidon. Benua Eropa dinamai dari namanya. Suatu hari Europe bersama teman-teman wanitanya berkumpul dan memetik bunga bersama. Zeus melihat kumpulan wanita ini dan langsung jatuh cinta pada Europe karena Europe adalah perempuan tercantik di antara mereka. Zeus lalu menyamar sebagai banteng putih yang indah dan menghampiri mereka. Banteng samaran Zeus sangat indah dan bahkan beraroma bunga sehingga Europe dan teman-temannya langsung mendekatinya, mereka mengelus-elusnya.
    Tiba-tiba banteng itu berbaring di hadapan Europe. Europe menunggangi punggung banteng itu dan banteng itu pun langsung membawa pergi Europe. Banteng itu pergi ka pantai dan berenang menyeberangi lautan sambil memabwa Europe di punggungnya. Mereka bahkan diikuti oleh Poseidon, Triton dengan terompetnya, dan para Nereid yang menunggangi lumba-lumba. Rombongan itu membawa Europe semakin lama semakin jauh dari tempat asalnya. Europe menyadari bahwa banteng itu pastilah dewa dan dia pun mulai ketakutan. Europe lalu memohon kemurahan hati sang dewa. Zeus lalu berbicara Europe bahwa dia mencintainya.
    Zeus dan Ia. Ia adalah seorang pendeta Hera di Argos. Zeus jatuh cinta pada Io dan menidurinya. Untuk mencegah Hera mengetahui apa yang terjadi, Zeus menutupi dunia dengan awan hitam tebal. Namun Hera malah menjadi curiga, dia lalu turun dari Gunung Olimpus dan menghilangkan awan tersebut. Zeus berpikir cepat dan mengubah wujud Io yang asalnya seorang gadis cantik. Ketika awannya sudah hilang, Hera melihat Zeus berdiri di samping seekor sapi putih. Zeus kemudian bersumpah bahwa ia belum pernah melihat sapi itu sebelumnya, dan bahwa sapi itu keluar begitu saja dari dalam bumi. Mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, Hera meminta sapi itu sebagai hadiah. Dan Zeus pun memberikan sapi itu pada Hera.
    Hera kemudian menyuruh Argus Panoptes, raksasa bermata seratus, untuk menjaga sapi itu. Zeus mengutus Hermes untuk mengambil Io. Hermes menyamar sebagai seorang gembala dan membuat Argus tertidur dengan musik dan ceritanya. Setelah Argus tertidur, Hermes pun membunuhnya. Sebagai kenang-kenangan, Hera mengambil semua mata Argus dan memasangnya pada ekor burung kesayangannya, merak. Hera kemudian memaksa Ia mengembara di bumi tanpa istirahat. Ia melintasi jalan antara Propontis dan Laut Hitam, yang kemudian dinamai Bosporus, di sana ia bertemu Prometheus. Prometheus dirantai di Gunung Kaukasus oleh Zeus karena mengajar manusia cara membuat api dan menipu Zeus. Setiap hari, seekor elang raksasa datang dan memakan hati Prometheus. Meskipun sedang menderita, Prometheus menghibur Ia dengan memberitahu bahwa Io akan kembali menjadi manusia dan keturunannya akan menjadi pahlawan terhebat, Herakles. Ia kemudian menyeberangi Laut Ionia. Di Mesir, Dia diubah kembali menjadi manusia oleh Zeus. Di sana juga, ia melahirkan putra Zeus, Epafos, dan seorang anak perempuan, Kiroessa. Dia kemudian menikah dengan Telegonus, raja Mesir. Cucu mereka, Danaos, nantinya akan kembali ke Yunani.

    Nurul Endang S
    A 320100021
    (A)

    ReplyDelete
  39. HERA
    Ratu para dewa Olympian. Dia adalah putri dari Cronus dan Rhea , dan istri dan saudara perempuan dari Zeus . Hera terutama dipuja sebagai dewi perkawinan dan kelahiran. Dikatakan bahwa keperawanan setiap tahun Hera kembali dengan mandi di Canathus baik. Anak-anak dari Hera dan Zeus adalah dewa-smith Hephaestus , dewi remaja Hebe , dan dewa perang Ares . Menurut beberapa sumber, bagaimanapun, anak-anaknya yang dikandung tanpa bantuan manusia, baik dengan menampar tangannya di tanah atau dengan makan selada: sehingga mereka lahir, bukan karena cinta tapi dari nafsu dan kebencian.
    Penulis mewakili Hera sebagai terus-menerus cemburu berbagai urusan asmara Zeus. Dia dihukum saingan dan anak-anak mereka, antara kedua dewi dan manusia, dengan marah bebuyutan. Dia menempatkan dua ular dalam buaian Heracles , ia Io dijaga oleh raksasa bermata seratus, dia melaju induk angkat dari Dionysus gila, dan mencoba untuk mencegah kelahiran Apollo dan Artemis . Bahkan Zeus biasanya tidak bisa berdiri padanya. Kadang-kadang ketika dia marah, ia merantai dirinya ke gunung Olympus dengan pengancing landasan berdiri. Namun, sebagian besar waktu Zeus terpaksa siasat: ia menyembunyikan anak haramnya, atau ia mengubah mereka menjadi binatang.
    Perlindungan utama Hera berada di Argos di Peloponnesus, di mana ia dipuja sebagai dewi kota. Juga, di kota ini Heraia, perayaan publik, dirayakan. Kuil lainnya berdiri di Olympia, Mycene, Sparta, Paestum, Korintus, Tiryns, Perachora, dan di pulau Samos dan Delos.
    Merak (simbol kebanggaan, gerobak nya ditarik oleh burung-burung merak) dan sapi (dia juga dikenal sebagai Bopis, yang berarti "sapi bermata", yang kemudian diterjemahkan sebagai "dengan mata besar") adalah hewan suci nya. Gagak dan delima (simbol perkawinan) juga didedikasikan untuk dirinya. Atribut lainnya termasuk diadem dan kerudung. Hera digambarkan sebagai seorang wanita, megah khusyuk.

    RIA TRI OKTA PRASANTI
    A 320100088

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. FITRA RATNA J
    A.320090256

    DEMETER
    Demeter digambarkan sebagai wanita dewasa bermahkota yang membawa seikat gandum dan obor. Simbolnya adalah Kornukopia, ular bersayap dan tongkat lotus.
    Demeter dalam mitologi Yunani merupakan sebutan untuk dewi kesuburan. Konon, Demeter merupakan putri dari Kronos dan Rhea yang sewaktu bayi sempat ditelan bulat-bulat oleh Kronos karena sifat paranoid ayahnya. Keunikan dari Demeter adalah kecintaannya dalam mengajari manusia bercocok tanam sehingga manusia meninggalkan cara hidup berburu dan meramunya menjadi bercocok tanam. Di rambut Demeter terdapat jalinan dari bulir-bulir padi yang menunjukkan identitasnya sebagai dewi kesuburan.
    Demeter memiliki seorang anak bernama Persefone yang menjadi istri dari Hades. Konon, kisah Persefone ini merupakan asal mula timbulnya empat musim. Saat Persefone pergi bersama Hades di mana tidak terdapat sinar matahari, saat itulah terjadinya musim dingin. Dan ketika Persefone pergi bertemu Demeter sekali setahun, saat itulah tiba musim semi.
    Ada beberapa kisah tentang Demeter yang mengajarkan tentang moral yang baik, salah satunya adalah kisah Erisikton yang dikutuk untuk menjadi lapar sampai mati.
    Dalam kebudayaan Romawi, Demeter dikenal dengan nama “Ceres”. Kemungkinan nama Ceres ini merupakan sumber inspirasi dari sebuah merk bahan makanan berlapis coklat yang sering digunakan untuk melapisi roti. Bahan makanan tersebut terbuat dari coklat berbentuk seperti butiran padi. Yang menarik adalah ternyata Indonesia, khususnya Jawa, memiliki sosok dewi yang mirip dengan karakter Demeter yaitu Dewi Sri yang dikenal sebagai dewi kesuburan.

    ReplyDelete
  42. DEMETER

    Demeter ditelan setelah lahir oleh ayahnya, Kronos, bersama Hestia, Hades, Poseidon, dan Hera yang nantinya diselamatkan oleh Zeus untuk membantu mengalahkan bangsa Titan. Setelah perang, baik Zeus maupun Poseidon mencoba untuk menikahi Demeter, tetapi Demeter malahan menurunkan pangkatnya sebagai dewi panen. Walaupun Zeus telah menikah dengan Hera, Demeter menjalankan hubungan dengan Zeus yang menghasilkan sebuah anak perempuan, Persephone.

    PUTRI SULISTYO HERNARI A 320100054
    SEPTIANI M D A 320100050
    LIA OKTAVIAANA A 320100046

    ReplyDelete